Hachinan tte, Sore wa Nai Deshou - Chapter 05 Bahasa Indonesia

Posting Komentar
Chapter 5 — Orang-orang di rumah bangsawan ksatria Baumeister

"Baiklah kita sudahi sampai di sini karena setelah ini aku ada latihan pedang.”

“Terima kasih, Erich nii-san.”

“Sama-sama adikku yang imut.”

Sehabis sarapan, Erich (putra kelima), menjelaskan padaku secara rinci tentang keluarga kami. Dia kemudian meninggalkan rumah dan berkata dia akan ada jadwal latihan pedang.

Dari isi mimpi kemarin, Erich nii-san tidak begitu pandai dalam hal pedang. Tetapi dia tampaknya bertekad mempelajari pedang dengan cepat dan berlatih terus-menerus meskipun menjadi bangsawan kelas bawah.

Namun, tidak ada seorang pun di keluarga Baumeister saat ini yang unggul dalam ilmu pedang.

Faktanya, meskipun wilayah kami dikelilingi oleh monster, sepertinya tidak selalu ada konflik dengan monster.

Itu karena monster tidak pernah keluar dari wilayah mereka sendiri dan fakta ini tetap ada tanpa kecuali selama ribuan tahun silam.

Bisa kau katakan bahwa area tempat monster tinggal mungkin dekat tetapi mereka tidak akan menjadi ancaman selama kita tidak mengusik wilayah mereka.

Selain itu, wilayah Ksatria Baumeister hanya terdiri dari desa-desa petani miskin yang semuanya ditugaskan untuk bekerja kecuali putra sulung Kurt, yang merupakan pewaris ayah.

Aku belum pernah mengolah ladang sebelumnya tetapi untuk populasi penduduk Baumeister yang sedikit demi sedikit meningkat, kami perlu merebut kembali dataran yang belum tersentuh atau yang belum ditempati oleh monster. Kami juga berburu di hutan untuk mendapatkan daging, tetapi hanya tempat tinggal hewan liar biasa.

Meskipun itu tidak terlihat seperti pekerjaan bangsawan, itu mungkin cocok dalam arti untuk banyak keluarga ksatria miskin ini. Dan hal yang sama juga terjadi pada bangsawan kelas bawah di daerah pedesaan lainnya.

Dan juga, mereka tampaknya berlatih seni bela diri seperti pedang dan busur atau berkuda di waktu luang mereka.

“Eh? Kenapa kita tidak belajar etiket, membaca, menulis, dan matematika sebagai bangsawan?”

“Kenapa juga seorang bangsawan kelas bawah di perbatasan, seperti kita, belajar etiket? Lagipula kita tidak memiliki tugas di ibukota kerajaan kecuali kalau ada janji temu.”

Karena isi pelajaran kami sangat sedikit, jadi aku bertanya pada ibuku yang merupakan seorang bangsawan tetapi masih mengabdikan diri untuk membuat tali. Dia menjawabku dengan ekspresi bingung.

Singkatnya, di wilayah Baumeister, dengan pengecualian melakukan perjalanan jauh ke ibukota kerajaan dalam hal upacara penganugerahan resmi kepala keluarga, tidak ada kebutuhan khusus untuk mempelajari etika sebagai seorang bangsawan.

Sebenarnya, bahkan dalam upacara penganugerahan dari raja, zirah yang dikenakan adalah yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga Baumeister.

『Aku, sebagai raja Helmut generasi *** kerajaan Helmut, aku mengabulkan *** untuk mendapatkan gelar bangsawan ksatria peringkat ke-7.』

『Saya menggunakan pedangku, demi Yang Mulia, demi kerajaan dan demi orang-orang.』

Tampaknya berakhir hanya dengan pertukaran ini.

Karena ada begitu banyak ksatria serupa di kerajaan, raja yang sibuk bahkan tidak punya waktu menghadiri upacara untuk waktu yang lama.

Ibu baruku menjelaskan padaku sambil dengan cekatan menjalin tali di tangannya.

Tentu saja jika pertukaran ini sekali seumur hidup, yang namanya etiket tidak diperlukan.

Kecuali bagi bangsawan berpangkat tinggi dan para bangsawan yang menjabat di pemerintah pusat di ibu kota.

“Selain itu, soal matematika, membaca dan menulis ...”

Sepertinya ini juga tidak terlalu dibutuhkan.

Kupikir kami adalah bangsawan, tapi di Abad Pertengahan di Eropa, aku pernah mendengar ada banyak bangsawan yang tidak bisa menulis.

Selama kau bisa menulis namamu sendiri, kau bisa menyerahkan semuanya seperti perhitungan pajak kepada kepala desa atau Badan Urusan Pajak. Aku ingat dalam sebuah buku yang aku baca bahwa pengetahuan dalam matematika tidak diperlukan sama sekali.

Ini tidak mungkin bagi seorang bangsawan di istana kerajaan, tetapi itu tidak akan menjadi masalah selama mereka dapat memainkan peran aktif dalam menjaga keamanan dan perang.

Namun, karena sebagian besar musuh tinggal di wilayahnya sendiri, tidak ada kesempatan untuk mengasah dan memamerkan keterampilan mereka juga.

Bahkan dengan etiket Abad Pertengahan di Eropa, ada juga beberapa orang yang makan daging dengan memegangnya di tangan mereka.

Kembali ke topik, mereka semua dapat menulis nama mereka, tetapi beberapa orang hanya dapat membaca dan menulis karakter sederhana.

“Omong-omong, Wendelin bisa membaca dan menulis kalimat sederhana, kan?”

Aku hanya anak kedelapan yang tidak berguna dan aku tidak benar-benar dihitung sebagai tenaga kerja dalam wilayah junjungan karena aku hanya anak-anak.

Itulah kenapa, tampaknya Wendelin selalu membaca sendiri di ruang belajar sebelum aku mengambil alih dirinya.

Pekerjaan pertama bagi putra kedelapan yang tidak berguna adalah tidak menjadi penghalang bagi anggota keluarga yang bekerja.

“Ya, hanya sedikit.”

“Kamu harus belajar lebih giat lagi.”

Aku merasa tak enak pada ibu tetapi wajar saja karena aku tidak bisa mewarisi wilayah keluarga. Jika aku pikirkan lagi, aku ragu apakah aku akan tetap tinggal di sini?

Bahkan saudara Erich yang tidak pandai pedang bekerja keras untuk mempelajarinya karena mungkin guna untuk mengantisipasi masa depan di mana dia pasti akan membutuhkannya.

Dan sepertinya Erich pandai matematika, membaca dan menulis dengan luar biasa di rumah ini. 

“Aku akan membaca buku di ruang belajar.”

“Iya.”

Aku buru-buru pergi ke ruang belajar setelah berbicara dengan ibu.

Semua orang sibuk dan aku hanyalah anak yang tidak berguna.

Kesenjangan usia dengan saudara-saudaraku cukup lebar dan aku tidak pernah berbicara dengan mereka terutama putra tertua dan kedua.

Itu bukan berarti aku dibenci; jawaban yang lebih tepat adalah tidak ada gunanya memulai kontak karena usia kami sangat jauh.

Berdasarkan ingatan Wendelin dari mimpi tadi malam, aku mulai berlatih pedang dan memanah sedikit setelah menginjak usia 6 tahun tetapi latihan itu tidak masuk akal bagi anak 6 tahun. Pada akhirnya, aku hanya ingin menghindari mengganggu orang dewasa lainnya.

Aku bisa katakan kalau ini adalah misi yang dibebankan padaku.

“Oh, tanpa diduga-duga jumlah bukunya sangat banyak.”

Bahkan keluarga bangsawan yang miskin memiliki sejarahnya sendiri sehingga ada banyak buku di ruang kerja ayah.

Ada buku-buku dari berbagai bidang, yang mencakup topik-topik seperti sejarah, sastra, matematika, mineral, biologi dan monsterologi, sebuah buku tentang geologi yang cocok dengan tingkat kelulusan sekolah menengah di era Hesei Jepang, buku dongeng anak-anak sederhana, buku gambar dan bahkan buku masak pun juga ada.

Ada buku masak tetapi makanannya masih tak enak. Mungkin saja mereka telah menyerah karena bahan yang digunakan dalam resep tidak bisa mereka dapatkan.

“Aku bisa membacanya secara normal, maksudku kalau itu dalam bahasa Jepang.”

Aku punya firasat seperti itu sejak aku berbicara dengan keluargaku dalam bahasa Jepang. Sepertinya bahasa umum di dunia ini adalah bahasa Jepang.

Namun, ada sedikit perbedaan.

Pertama, format atau gaya yang diadopsi oleh bangsawan kelas bawah tidak memiliki hubungan dengan gaya kaum plebeian atau istana kerajaan di ibukota, tetapi mereka dapat membaca dan menulisnya sedikit.

Mereka tidak menggunakan kanji sama sekali.

Bagian kanji ditulis dalam hiragana, bagian dari hiragana dijelaskan dalam katakana.

Sepertinya ini adalah bagaimana sebagian besar kalimat terbentuk di dunia ini yang menurutku agak sulit dibaca.

Berikutnya adalah format yang digunakan oleh kerajaan dan kerajaan tetangga. Terutama oleh keluarga kerajaan, para bangsawan peringkat tinggi, eselon atas gereja dan berbagai guild, cendekiawan atau masyarakat akademik dari berbagai bidang studi. Ini juga merupakan standar yang digunakan dalam dokumen resmi yang diterbitkan di pemerintah pusat.

Singkatnya, orang-orang dengan posisi tinggi menggunakan kalimat yang dekat dengan bentuk normal Jepang.

Aku bisa membaca ini dengan mudah

Yah, itu agak akrab tetapi ada juga bagian di mana maknanya cenderung tidak pasti.

Entah bagaimana, ada kata-kata bahasa Inggris yang dicampur dalam beberapa kata benda.

Ada juga bagian-bagian Jepang ditulis dalam romanji.

Kata-kata bahasa Inggris yang lebih rumit cukup sulit tapi aku tidak mempermasalahkannya karena mayoritas buku ditulis dalam kanji tetapi tergantung pada buku, mungkin dalam notasi Romanji. Hukum yang mengatur semua ini sedikit tidak jelas.

Bahkan dokumen resmi, persentase hiragana dan katakana yang digunakan adalah sekitar 70%, kanji 20% dan yang lainnya 10%.

Sejujurnya aku tidak mempermasalahkannya, tetapi aku masih khawatir karena birokrat dan pejabat pemerintah adalah makhluk semacam itu di dunia mana pun.

Untuk saat ini, karena aku hanya anak berusia enam tahun, yang bisa aku lakukan sekarang hanyalah berusaha keras untuk membangun sebanyak mungkin kekuatan fisik dan latihan seni bela diri. Membaca buku pelajaran untuk mengumpulkan pengetahuan tentang dunia.

Ketika aku melihat ujung rak buku sambil berpikir demikian, ada buku yang paling ingin aku baca.

“Sihir pemula, sihir tingkat menengah, sihir tingkat lanjut, dasar-dasar alkimia, membuat alat sihir untuk pertama kalinya. Oh! Benar-benar ada sihir!”

Aku meraih buku itu dengan kegembiraan bahwa mungkin aku bisa menggunakan sihir.

Related Posts

Posting Komentar